5 Dampak Kurangnya Air Putih Bagi Ibu Hamil 

0 207

5 Dampak Kurangnya Air Putih Bagi Ibu Hamil  – Faktanya 50% lebih tubuh kita ini terdiri dari air dan tanpa adanya air, kita tidak bisa menjaga suhu tubuh normal, melumasi sendi atau membuang zat yang tidak terpakai. Maka dari itu penting bagi kita untuk rutin mengkonsumsi air putih terlebih lagi untuk ibu hamil. Selain dapat membantu mengatasi heartburn pada ibu hamil, mengkonsumsi air putih dipercaya dapat menghilangkan mual saat hamil.

Lalu apa yang akan terjadi apabila ibu hamil kurang mengkonsumsi air putih? Berikut dampaknya:

1. Dehidrasi

Saat trimester pertama kehamilan para ibu akan sering mengalami morning sickness yang dimana hal ini dapat menghilangkan banyak cairan dalam tubuh. Semakin bertumbuhnya janin juga dapat menjadi pemicu ibu hamil mengalami dehidrasi maka itu penting baginya untuk rutin mengkonsumsi air putih untuk menggantikan cairan yang keluar.

Selain membahayakan ibu hamil itu sendiri dehidrasi juga sangat membahayakan kondisi janin. Penting untuk ibu hamil mengetahui tanda-tanda dehidrasi seperti pusing, mual, muntah, jantung berdebar-debar dan urine berwarna gelap.

2. Persalinan Prematur

Dehidrasi bisa sangat mempengaruhi volume cairan ketuban pada ibu hamil. Apabila cairan ketuban terlalu sedikit bisa memicu kontraksi sehingga ibu akhirnya akan melahirkan sebelum waktunya. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan bayi mengalami komplikasi [3].

3. Cairan ketuban sedikit

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas bahwa air sangat berpengaruh pada cairan ketuban. Itulah mengapa bila ibu hamil tidak banyak minum air putih selama kehamilan maka dikhawatirkan cairan ketuban yang dimiliki sedikit. Cairan ketuban itu sendiri sangat penting karena berfungsi sebagai pelindung janin.

4. Merusak sistem ginjal

Salah satu manfaat dari meminum air putih bagi tubuh adalah agar ginjal dapat bekerja dengan baik saat membuang racun pada tubuh. Saat hamil, rahim yang membesar akan menyebabkan sebagian urine tertahan saat buang air kecil dan menimbulkan sisa urine yang tidak terbuang kondisi tersebut akan menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak. Akibatnya, sistem ginjal akan rusak sehingga urine yang tertimbun dalam tubuh bisa menjadi racun yang membahayakan sang ibu dan janin. Untuk itu penting bagi ibu hamil untuk rajin mengkonsumsi air putih.

5. Menghambat sirkulasi darah

Hal ini akan terjadi bila ibu hamil tidak cukup minum air putih, maka tubuh akan mengambil air dari komponen lain dalam tubuh, yaitu dari darah. Apabila itu terjadi maka darah lama-kelamaan akan menjadi kental, sehingga peredarannya ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar termasuk aliran darah yang menuju ke janin. Itu akan berakibat pada pertumbuhan pada janin.

Berdasarkan poin-poin diatas dapat kita simpulkan betapa pentingnya ibu hamil rutin mengkonsumsi air putih. Perlu diingat pula bahwa kebutuhan cairan setiap ibu hamil itu berbeda. Tetapi, banyak pakar yang menyarankan agar ibu hamil mengkonsumsi 8-10 gelas per hari setara dengan dua liter sehari.

Hal yang tidak kalah penting untuk diingat adalah kurangi minuman mengandung soda, kafein seperti kopi dan teh. Ganti minuman tersebut dengan air putih yang berkualitas. Seperti AQUA yang terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan mineral baik di dalam AQUA mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri. Hal yang dilakukan AQUA ini merupakan salah satu peran penting dari menghasilkan air minum berkualitas.

Terutama untuk konsumsi air minum berkualitas di rumah, pastikan untuk menyediakan galon AQUA. Ada banyak alasan untuk memilih AQUA. Galon AQUA ramah lingkungan karena bisa dipakai berulang kali, tentunya setelah dibersihkan menyeluruh di pabrik dengan teknologi yang mutakhir setelah pemakaian sebelumnya. AQUA berasal dari mata air pegunungan terpilih yang keseimbangan ekosistem sekitar sumber airnya terlindungi, sehingga kekayaan dan kealamian mineralnya juga terlindungi, untuk melindungi keluarga Indonesia.

Jadi, sudahkan Anda sedia AQUA dirumah?

Leave A Reply

Your email address will not be published.